Minggu, 25 Januari 2015

Tugas Ekonomi koperasi 7

(Perkembangan Koperasi DI Indonesia)
Koperasi pertama kali di perkenalkan oleh seorang  berkebangsaan Skotlandia yang bernama Robert Owen (1771-1858). Setelah itu koperasipun berkembang ke negara-negara besar seperti eropa. Setelah itu koperasi pun mulai masuk dan berkembang di Indonesia. Koperasi di Indonesia mulai diperkenalkan oleh seorang Patih yang bernama  R.Aria Wiria Atma jayang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah  pada tahun 1896.

Patih Wiria Atmaja mendapatkan ide untuk menciptakan koperasi dikarenakan pada tahun 1896, terdapat banyak pegawai negri yang menderita diakibatkan pinjaman bunga yang terlalu besar yang di berikan para rentenir. Melihat penderitaan itu akhirnya Patih Wiria Atmaja memiliki sebuah ide untuk mendirikan koperasi kredit untuk semua pegawai negri, agar tidak ada lagi pegawai negri yang berusaha meminjam uang dari para rentenir tersebut.

Akhirnya  koperasi pun semakin berkembang dan menyebar sangat luas di Indonesia, setelah itu pada tahun 1908 Boedi Oetomo mempunyai ide untuk membangun dan memajutkan koperasi rumah tangga (koperasi konsumsi),  hal ini sangat didukung oleh serikat islam di Indonesia, serikat islam membantu modal dan mendirikan toko koperasi. Setelah itu seiring berjalan nya waktu koperasi pun  jauh lebih berkembang dengan pesat. Hingga sa’at ini kita bisa menikmati hasil dari koperasi tersebut sampai sa’at ini.

Daftar Pustaka:
Wirodiharjo, Saroso. 1954. Perkembangan Ko-operasi Batik. Jakarta: Penerbit Gabungan Ko-operasi Batik Indonesia.
Nurdin, Bahri. 1983. Beberapa Aspek Historis Perkembangan Koperasi di Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Djazh, Dahlan Pengetahuan Koperasi (Jakarta: PN Balai Pustaka, 1980) hlm. 16
Arifin, Imamul. 2007. Membuka Cakrawala Ekonomi. Bandung: PT Setia Purna Inves.




0 komentar:

Posting Komentar