1. Pendekatan Sistem dalam pemasaran
Berikut proses pemasaran secara sistematis :1. Analisis peluang pasarAnalisis lingkungan pemasaran penting sekali untuk meraih peluang-peluang dari setiap perubahan-perubahan yang terjadi.2. Meneliti dan memilih pasar sasaran dan upaya memposisikan pasarKisi-kisi produk atau pasar harus dapat diperkirakan dari masing-masing kelompok pasar sasaran. Selain itu perusahaan harus dapat mengembangkan strategi penempatan (positioning strategis) pada pasar sasarannya.
3. Mengembangkan strategi pemasaranPerusahaan harus mengembangkan suatu perbedaan-perbedaan dan strategi penempatan pada pasar sasarannya. Perusahaan harus mampu memberikan keistimewaan-keistimewaan yang lain dari pesaingnya dan mampu memenuhi keinginan para pelanggan. Perusahaan harus mampu mengembangkan sebuah peta kedudukan produknya, agar menduduki posisi yang lebih baik dari pesaing-pesaingnya.
4. Perencanaan program pemasaranStrategi pemasaran terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
5. Pengorganisasian , pelaksanaan, dan upaya pengendalian pemasaranPengorganisasian berarti membentuk struktur, personalia pemasaran, dan menetapkan tugas secara jelas serta terkoordinir. Selain itu bagaimana personalia iti dilatih, diarahkan, domotivasi, dievaluasi.Manajer perusahaan juga menganalisa secara berkala profitabilitas nyata dari berbagai produk, kelompok pelanggan, saluran distribusi, dan besar pesanan.
c. Strategi PemasaranStrategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran
d. Pengembangan Strategi Pemasaran
1. Daur hidup produkStrategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan,tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.2. Posisi persaingan perusahaan di pasarStrategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.3. Situasi ekonomiStrategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangankedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
2. Lingkungan Mikro Perusahaan
Lingkungan Mikro Perusahaan merpkan pelaku nan dekat dengan perusahaan & mpengaruhi kemampuan perusahaan utk melayani pelanggannya. Lingkungan mikro perusahaan terdiri dr - perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, & masyarakat.Perusahaan
Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran mperhitungkan kelompok dlm perusahan seperti manajemen puncak, keuangan, riset & pengembangan, pembelian, operasi, akuntasi. Semua kelompok saling bhubungan mbentuk lingkungan internal. Kelompok-kelompok ini bekerja sama secara harmonis utk mberikan nilai & kepuasan pelanggan nan unggul.
Pemasok
Pemasok mbentuk hubungan penting dlm keseluruhan system penghantar nilai perusahaan. Pemasok menyediakan sumber daya nan diperlukan olh perusahaan utk menghasilkan barang & jasanya. Masalah pemasok sangat mpengaruhi pemasaran karena apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan perusahaan & mengurangi nilai kepuasan pelanggan.
Perantara Pemasaran
Perantara pemasaran mbantu perusahaan mpromosikan, menjual, & mendistribusikan produknya ke pembeli akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, & perantara keuangan. # Penjual perantara adl perusahaan saluran distribusi nan mbantu perusahaan menemukan pelanggan atau melakukan penjualan utk perusahaan. Penjual perantara diliputi pedagang grosir & pengecer. # Perusahaan distribusi fisik mbantu perusahaan menyimpan & mindahkan barang-barang perusahaan dr titik asalnya ke tempat tujuan. # Agen jasa pemasaran adl firma riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, & firma konsultan pemasaran nan mbantu perusahaan menetapkan target & mpromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat. # Agen jasa pemasaran adl firma riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, & firma konsultan pemasaran nan mbantu perusahaan menetapkan target & mpromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat.
Pelanggan
Perusahaan harus mpelajari lima jenis pasar pelanggan secara lebih dekat: # Pasar Konsumen terdiri dr perorangan & keluarga nan mbelibarang & jasa utk konsumsi pribadi. # Pasar Bisnis mbeli barang & jasa utk pemrosesan lebih lanjut atau utk digunakan dlm proses produksi perusahaan. # Pasar Penjual Perantara mbeli barang & jasa utk dijual kembali demi mendapatkan laba. # Pasar Pemerintah terdiri dr ba&-ba& pemerintah nan mbeli barang & jasa utk menghasilkan pelayanan umum. # Pasar Internasional terdiri dr para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, & pemerintah.
Pesaing
Konsep pemasaran nan bhasil apabila perusahaan dapat menyediakan nilai & kepuasan pelanggan nan lebih besar drpada pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus menyesuaikan pemasaran dengan kebutuhan konsumen sasaran. Perusahaan juga harus miliki strategi penawaran nan lebih kuat dr penawaran pesaing dlm pikiran konsumen.
Masyarakat
Masyarakat adl kelompok nan mpunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi utk mencapai tujuannya. Ada tujuh tipe masyarakat - Masyarakat keuangan, masyarakat media, masyarakat pemerintah, masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat, masyarakat local, masyarakat umum, masyarakat internal.
0 komentar:
Posting Komentar